Dalam Rangka Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Inhu laksanakan Penguatan PPID dan launching Aplikasi Si-PATIN

INHU - Keterbukaan Informasi Publik dengan mengedepankan pelayanan informasi dan transparansi adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Dengan komitmen tersebut  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kab. Indragiri Hulu selalu berupaya meningkatakan kapasitas dan pelayanan informasi publik sebagai ujung tombak pelaksanaan keterbukaan Informasi publik di Kabupaten Indragiri Hulu, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 yang lalu.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan peningkatan implementasi keterbukaan informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Inhu menggelar Sosialisasi Penguatan PPID dan Launching Aplikasi Si-PATIN (Sistem Pelayanan Terpadu Informasi), Rabu 10 Oktober 2018 di Aula Bappeda dan Litbang Kab. Inhu yang dihadiri oleh seluruh PPID Pembantu Se-Kab. Inhu.

Acara Sosialisasi Penguatan PPID dan Launching Aplikasi Si-PATIN dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Ir. H. Hendrizal, M.Si yang sekaligus meluncurkan Aplikasi Si-PATIN dengan secara simbolis menekan tombol digital pada monitor touchscreen bersama-sama dengan Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra Irwan dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Inhu Roma Doris SS MPS M.Eng.

Dalam sambutannya Sekda yang juga sebagai Atasan PPID Kab.Inhu ini berharap PPID Kab.Inhu bisa kembali mempertahankan Peringkat Pertama Keterbukaan Informasi Publik di Provinsi Riau yang selalu diperoleh PPID Kab. Inhu “PPID Kita ini sudah tiga kali berturut-turut peringkat satu, semoga tahun ini menjadi yang keempat”harap nya. Sekda juga mengapresiasi Aplikasi Si-PATIN yang diluncurkan oleh PPID Kab. Inhu dalam hal ini melalui Pengembangan Bidang IT Diskominfo Kab. Inhu, ia berharap aplikasi ini nantinya bisa digunakan secara efektif dan memberikan manfaat dalam proses pelayanan informasi di Kabupaten Indragiri Hulu, sehingga memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Selain itu ia juga berharap kedepan akan lebih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang akan dibuat dan dikembangkan.

Sudah ada beberapa aplikasi yang telah kita kembangkan diantaranya aplikasi e-nara (e-notifikasi anggaran) yang merupakan aplikasi untuk memudahkan pemantauan proses pencairan anggaran pada BPKAD, selain itu juga ada aplikasi MANTAP INHU (Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Untuk mencegah Audit Investigasi dan Permasalahan Hukum). “saat ini semua bisa diawasi secara langsung melalui aplikasi oleh masyarakat” ujarnya. “Kedapan yang menjadi catatan kita aplikasi yang sudah ada ini untuk bisa di integrasikan” lanjutnya menambahkan.

Kemudahan akses pelayanan informasi publik adalah salah satu fokus utama Penguatan PPID di Kab. Inhu, untuk itu demi meningkatkan efisiensi dan memudahkan pemohon untuk mengakses informasi PPID Kab. Inhu meluncurkan Aplikasi Si-PATIN. “Aplikasi Si-PATIN adalah Aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mempermudah pelayanan informasi di Kabupaten Indragiri Hulu” ujar Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Inhu Inhu Roma Doris SS MPS M.Eng. Aplikasi tersebut dikembangkan sendiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Inhu
dengan melibatkan TIM IT dari diskominfo yang merupakan SDM Lokal. “Aplikasi ini adalah Produk kita sendiri, yang dikembangkan oleh TIM IT kita” tutup nya.

Secara terpisah Kepala Piket PPIM (Pusat Pelayanan Informasi Masyarakat) Kab. Inhu Nurizal Murza Indra S.Sos M.Si menghimbau kepada Pemohon Informasi yang membutuhkan Informasi tentang pembangunan dan pemerintahan bisa mengunjungi Kantor PPIM yang beralamat di Gedung Balai Radio Televisi dan Wartawan Jl. Batu Canai Pematang Reba. “Di PPIM sudah disediakan ruang pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan Informasi” himbaunya.

adminppid

ppid@inhukab.go.id

Hubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami pada saluran komunikasi berikut ini

Alamat

Gedung Radio Televisi dan Balai Wartawan

Jl. Batu Canai Pematang Reba - Indragiri Hulu - Riau

Email

ppid@inhukab.go.id

Telepon

(0769) 2341191